WISATA BADUY

SABA BADUY

NAPAK TILAS KA BADUY

Pada tanggal 6-7 November 2010 saya pergi ke baduy.Tepatnya hari sabtu sampe hari minggu,sebelum berangkat panitia mengadakan technikal meetng tepatnya pada hari kamis pkl 14:00 sampai dengan selesai. Setelah di beritahukan tentang apa saja alat-alat yang harus di bawa serta di beritahukan waktu pemberangkatan kepada seluruh peserta kegiatan pun telah selesai.

Waktu pertama pemberangkatan yaitu pada pukul 07.00 seluruh peserta kumpul diruang serbaguna.diruangan tersebut  semua peserta diberi arahan dan di lepas.Setelah waktu pun berlalu pada pukul 08.00 pelepasan pun telah selesai,stelah semua kumpul panitia dan peserta pun di berangkatkan .

Perjalan pertama menuju ciboleger menggunakan kendaraan yaitu mobil DALMAS.Diperjalanan sangatlah terasa cape,selain jalannya yang kurang memadai kondisi dalam mobl juga tidak begitu memadai.Setelah kurang lebih 2 jam tibalah di ciboleger.semua peserta maupun panitia beristirahat sejenak di tempet per istirahatan.Setelah terasa nyaman sesudah ber istirahat kami pun bergegas menuju rumah jaro yaitu jaro DAENAH.disana semua peserta dan panitia berkumpul dan mendengarkan arahan-arahan dari jaro tersebut.

Sekitar jam 13.00 rombongan pun berngkat menuju ci beo.setelah berangat menuju ci beo semua rombongan melewati 7 bukit,di perjalanan sangatlah terasa sedih karena melewati perjalanan yang luar biasa sampai-sampai kaki pun terasa keram,dari situpun saya behenti sejenak merasakan betapa sakitnya sampai-sampai saya pun berpikir dalam hati “bakal nyampe gak ya ini” setelah di pijit sama seorang relawan yang selalu ada di sisi saya saat sepanjang perjalanan alhamdulilah kaki saya pun terasa aga baikan sehingga bisa melanjutkan perjalanan kembali.setelah melawati semua bukit akhirnya pada pukul kurang lebih 17.30 sampai lah kami ke kampong ci beo. Setelah beristirahat sejenak merasakan betapa lelahnya setelah melewati bukit-bukit yang sangat melelahkan.

Setelah tearsa nyaman,semua peserta pun di kumpulkan kembali dan di bagi kelompok.selain di bagi kelompok kami juga di bagi tempat untuk beristrahat dan bermalam di ci beo.semua peserta di bagi rumah masing-masimg tuan rumah pun menyambut kami dengan ramah.setelah tiba di tempat per istirahatan saya dan teman-teman pun ber istirahat.Sebelum tidur saya bertanaya tentang budaya di baduy

Tak terasa malam pun telah larut kami pun telah tertidur denagn lelap tapi tidak se lelap sepeti biasanya di karenakan terlalu cape telah melewati bukit-bukit yang luar biasa.di tengah malam saya pun terbangun kembali,sungguh terasa sakit badan ini.

Pagi pun telah tiba,uuuuuuh udaranya sangat terasa sejuuuk……meskipun masih terasa cape dan badan masih terasa sakit,lelah,letih,tapi saya merasa nyaman dan senang bisa menikmati kesejukan dank e damayan I kampong ci beo. Pada pukul 06:00 pagi kami pun pergi ke kali kami membersihkan badan di kali tersebut.setelah kami semua selesai bersih-bersih badan di kali,walaupun tanpa odol dan sabun kami pun ikut menikmati peraturan yang ada di kampong ci Beo.setelah selesai bersih-bersih dang anti baju semua peserta pun di kumpulkan kembali di lapangan.

Pagi itu sangat lah cerah,sambil menikmati sejuknya di pagi hari dengan pepohonan yang lebat serta menghijau dan di hangatkan dengan adanya ayam-ayam kampong yang berkeliaran suasana pun terasa lengkap.Semua peserta berkumpul di lapangan tersebut kami semua berbincang-bincang dengan puun warga ci Beo. Di sana di lakukan season Tanya jawab antara semua peserta maupun panitia dengan puun desa ci Beo.

Pukul 08:00 selesailah sudah perbincangan antara peserta maupun panitia dengan Puun kampong ci Beo semua peserta bergabung kembali dengan kelompok masing-masing. Setiap kelompok menyerahkan laporan tentang apa saja yang di simak di waktu tany jawab antara puun kampong ci beo denagan seluruh mahasiswa STKIP Setiabudhi Rangkasbitung.Setelahlaporan telah di buat dan telah selesai laporan pun di serahkan ke panitia.

Setelah semua beres,semua peserta kumpul kembali dan membaca do’a untuk siap-siap berngkat kembali menuju kota Rangkasbitung .Setelah selesai saya pun harus siap kembali melewati rintangan yaitu bukit-bukit yang dahsyat perjalanan pulang pun terasa berat sekali harus melewati perbukitan kembali,tapi saya merasa senang melewatinya apa lagi rame-rame bersama kawan-kawan semua perjalanan pun terasa asyk.

Walaupun saat menuju perjalanan waktu itu hujan mengiringi setiap langkah kaki melaju,karena keadaan hujan jalan pun licin sehingga harus berhati-hati melewati bukit.karena licinnya jalan,dan waktu itu saya menggunakan sandal jepit sehigga terasa lebih licin saya pu terjatuh. “pada kotor deh badan” Setelah sekian lama melewati pejalanan akhirnya sampe juga ke ci boleger seluruh mahasiswa pun beristirahat sejenak sambil menunggu mobil DALMAS menjemput.akhirnya pada pukul 15.00 pulanglah ke rumah masing-masing.